Senin, 22 Juli 2013

Tingkah Laku Reproduksi Kambing

Pentingnya mengetahui tingkah laku reproduksi kambing bagi seorang peternak sama halnya dengan mengetahui pemberian pakan yang tepat untuk ternak kambing. Seorang peternak kambing dalam meningkatkan produksi dan populasi haruslah mengawinkan kambing tersebut baik secara inseminasi buatan maupun secara alami. Saat ini ada beberapa semen beku untuk insemiasi kambing seperti, bibit kambing etawa, peranakan etawa dan boer. Dengan mengetahui tingkah laku reproduksi kambing maka peternak akan dapat mengetahui secara pasti masa birahi ternak kambing yang mereka miliki.

Tingkah laku reproduksi kambing ini menyangkut periode estrus (birahi) dan masa kawin yang paling baik untuk kambing. Beberapa tingkah laku atau ciri-ciri kambing betina dewasa sedang mengalami birahi antara lain:
  • Kambing mengembek (mengembik) lebih banyak dari biasanya walaupun pakanhijauan makanan ternak tersedia di dekatnya.
  • Kambing betina dewasa terlihat gelisah.
  • Kambing betina yang birahi sering menggesek-gesekkan badannya ke dinding kandang.
  • Vulva kambing betina membengkak dari biasanya. Dalam hal ini peternaklah yang dapat memantau secara pasti sebab merekalah yang paling sering berinteraksi dengan kambing tersebut.
  • Vulva terlihat memerah atau lebih merah dari biasanya.
  • Kambing betina yang sedang birahi akan tenang bila didekati pejantan (bandot). Terkadang ada beberapa kambing betina akan menganjak (menaiki) kawanan kambing didekatnya.

Tingkah laku kambing yang sedang birahi lainnya yang paling sering terlihat adalah menurunnya nafsu makan. Sebenarnya bila peternak memelihara kambing betina dan jantan sekaligus dalam satu kandang, pola dari tingkahlaku reproduksi ini tidak terlalu penting. Namun bila peternak kambing ingin mengembang biakkan kambing dengan inseminasi buatang (Artificial insemination) maka perilaku birahi pada kambing harus dipahami sedetai mungkin. Sebab 75 % tingkat keberhasilan dari inseminasi ternak kambing maupun inseminasi sapi bergantung pada penentuan masa birahi yang tepat.

Selain dari menentukan birahi pada kambing petrnak juga sebaiknya mengetahui lama masa birahi dan lama periode satu birahi ke estrus lainnya. hal ini penting agar masa reproduksi dapat diatur seoptimal mungkin. Semakin optimal reproduksi (perkembang biakan) maka semakin besarkeuntungan yang akan diperoleh oleh seorang peternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar