Senin, 22 Juli 2013

Cara Menernak burung kicaw


Cara Menernak burung kicaw
Cara Menernak burung kicaw

  • Langkah pertama dalam penangkaran adalah kita persiapkan sangkar atau Kandang Lovebird dengan ukuran yang kita sesuaikan dengan jumlah Lovebird yang akan kita masukkan.Dan jangan lupa juga persiapkan perlengkapan nya yang akan kita taruh didalamnya seperti tempat makan / minum juga harus disediakan kotak tempat love bird bertelur, mengeram dan membesarkan anak-anaknya.
  • Langkah ke dua adalah kita mempersiapkan indukan yang akan kita tangkarkan tentunya induk yang sudah kita rawat dengan baik dan siap untuk di ternak, umurnya minimal 6 bulan. Membedakan induk jantan dan betina memang agak susah karena keduanya bentuk dan ukuran tubuhnya hampir sama. Supaya terjamin kualitasnya jangan membeli indukan di pasar burung, tetapi belilah dari peternak yang sudah terkenal dan punya reputasi yang baik untuk konsumennya.
  • Langkah ke tiga adalah yang kita bedakan Lovebird jantan / betina, caranya adalah memasukkan Beberapa pasang indukan love bird bisa dijadikan satu di kandang yang ukurannya sesuai. Setelah beberapa saat berada di kandang dan beradaptasi mereka biasanya akan segera berpasang-pasangan dan menyiapkan sarang di dalam kotak pengeraman.
  • Lanhkah ke empat Pakan / Makanan  Lovebird terdiri atas biji-bijian seperti millet, juwawut, canary seed, jagung serta sayuran seperti daun kangkung dan wortel. Selain itu love bird juga menyukai kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang hijau. Dan beri juga makan extra berupa toge, jagung muda dan sawi. Ketiga jenis sayuran ini terbukti berguna untuk mendongkrak birahi Lovebird.
  • Lankah ke lima Setelah burung  berjodoh dan kawin induk betina love bird akan bertelur berkisar 4-7 butir dan akan mengerami sendiri selama sekitar 24 hari. Setelah telur menetas giliran induk jantan yang memberi makan induk betina dan anak-anaknya.Pada masa proses mengasuh anak ini pakan berupa jagung muda yang masih bertongkol dan daun kangkung harus diberkan dalam jumlah yang banyak karena bahan itulah yang diberikan induk love bird pada anak-anaknya. Masa pengasuhan ini berlangsung sekitar 1,5 bulan, yaitu saat anak-anak love bird berukuran sama dengan induknya dan dapat makan sendiri. Begitu anak-anak burung keluar dari kotak sarang maka induknya mulai kawin dan menghasilkan keturunan. Dalam setahun sepasang induk love bird bisa berproduksi antara 4 – 6 kali. Dengan biaya pemeliharaan yang murah karena hanya memakan biji-bijian, sayur dan kacang-kacangan sementara anakannya bisa laku mahal maka menangkarkan love bird saat ini sedang digandrungi para peternak burung hias. Love bird ternyata tak sekadar cantik, tapi juga mendatangkan rejeki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar