Senin, 22 Juli 2013

Ternak Bebek Kering


Ternak bebek kering maksudnya adalah kita memelihara bebek dalam kandang tanpa menyediakan kolam untuk bebek berenang. Pada umumnya bebek memang lebih menyukai lahan basah sebagai tempat mencari makan namun itu semua bisa dimodifikasi menjadi beternak bebek full di lahan kering atau kandang kering. Beternak bebek secara kering ini banyak diaplikasikan untuk beternak bebek petelur, yang dibudidayakan meyerupai kandang ayam petelur. Kita ketahui bahwa bebek meiliki kebiasaan bertelur di sembarang tempat khusus bagi bebek yang digembalakan. Hal ini menjadi kedala dan faktor kerugian bagi peternak, karena sering sekali tidak dapat menemukan telur bebek yang mereka gembalakan.

Tujuan utama membuat kandang ternak bebek secara kering ini adalah:
Menghemat lahan, dengan meniru kandang ayam petelur yang berupa kotak-kotak jaring tentu saja lahan yang digunakan jauh lebih kecil dibandingkan ternak bebek secara lepas.
  1. Efisiensi pakan, pada kandang ternak bebek kering akan dibuat tempat pakan secara khusus, seperti pada ternak ayam petelur.
  2. Semua telur itik dapat dikumpulkan


Adapun kekurangan dari system budiday bebek kering ini diantaranya:

  • Tingginya tingkat stress dari bebek yang dikurung dalam sangkar kecil, sebab bebek pada dasarnya unggas penjelajah dan hewan gembalaan. Tingkat stress ini bisa diturunkan dengan pemberian vitamin C secara rutin.
  • Biaya bangunan kandang dan peralatan yang mahal, beternak bebek secara kering akan membutuhkan tempat pakan, tempat minum, dan box yang terbuat dari bambu atau besi yang digunakan untuk sangkar bebek.
Kandang bebek kering ini sama dengan ayam petelur jenisnya sering disebut dengan kandang baterai. Dalam setiap box baterai haruslah dimuat itik jantan dan betina secara bersamaan. Perbandingan jantan dan betita itik sebaiknya 1: 3, artinya dalam satu box baterai terdapat 1 ekor bebek jantan dan 3 ekor bebek betina. Bahan kandang yang paling murah adalah dari bambu namun daya tahannya relative singkat, dan bahan lainnya terbuat dari besi walaupun harganya lebih mahal tapi daya tahan bateray cukup lama.

Bebek yang dapat dimasukkan ke bateray ini adalah bebek dara, sedangkan anak bebek atau DOC tidak dapat dipelihara di bateray. Jadi dibutuhkan juga kandang khusus untuk anak bebek sebelum dara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar