Senin, 22 Juli 2013

Pakan Bebek Petelur Yang Baik


Pakan bebek petelur yang baik adalah ransum yang memenuhi kebutuhan gizi pada pertumbuhan dan perkembangan bebek dalam memproduksi petelur. Pada dasarnya pakan yang diberikan pada sama saja dengan pakan yang diberikan untuk pakan bebek pedaging, hanya saja kandungan mineral pada pakan dilebihkan jumlahnya, sebab kebutuhan mineral pada bebek petelur jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bebek pedaging. Pada bebek pedaging kandungan yang dilebihkan adalah protein, sebab pembentuk daging yang utama adalah protein. Mineral sangat dibutuhkan dalam pembentukan cangkang telur, oleh karena itu bila itik mengalami kekurangan mineral bisa menyebabkan turunya produksi telur bahkan terkena penyakit berak kapur.

Adapun sumber-sumber mineral yang dapat diberikan untuk bebek petelur sebagai bahan makanan pada ransum yang baik diantaranya:
Tepung ikan, tepung ikan selain sebagai sumber protein juga mampu mensuplai mineral tambahan pada pakan bebek petelur. Tepung ikan mudah didapatkan, hampir semua poultry shop di Indonesia menjual tepung ikan ini. Jika di daerah anda tidak terdapat poultry shop yang menjual tepung ikan maka anda dapat membuat tepung ikan sendiri dengan membeli kepala atau remah-remah ikan asin, keringkan dengan cara dijemur lalu tepungkan dengan mesin atau secara manual.

Tepung tulang, sama halnya dengan tepung ikan tepung tulang ini banyak mengandung Ca (calsium) yang diperlukan untuk membentuk cangkang telur bebek petelur. Tepung tulang juga banyak dijual di toko pakan ternak (poultry shop)

Cangkang keong mas, kerang, dan hewan sejenisnya dapat diberikan kepada bebek sebagai bahan pakan bebek petelur yang nbaik. Keong emas banyak sekali ditemukan di daerah yang terdapat pertanian padi, keong emas ini sering menjadi hama bagi petani sawah sehingga harga dari keong emas ini sangat murah bahkan bisa didapatkan secara gratis. Keong emas sebelum diberikan kepada bebek juga sebaiknya dihancurkan telebih dahulu dengan menggilasnya setelah itu jemur kurang lebih 1 hari baru berikan kepada bebek petelur. keong emas ini juga baik untuk pakan bebek pedaging.

Adapun komposisi zat makanan yang terdapat pada pakan bebek petelur yang baik adalah sebagai berikut:

Untuk anak bebek umur 0 – 8 minggu:

Karbohidrat (energi) = 3100 KkaI/Kg

Protein kasar sebanyak 20 %

Mineral (Ca / kalsium) sebesar 1 %

Fosfor sebesar 0,6%

Untuk anak bebek dara umur 9 – 20 minggu:

Karbohidrat (energi) = 2700 KkaI/Kg

Protein kasar sebanyak 18 %

Mineral (Ca / kalsium) sebesar 1 %

Fosfor sebesar 0,6%

Untuk anak bebek petelur yang sudah berproduksi umur > 20 minggu:

Karbohidrat (energi) = 2700 KkaI/Kg

Protein kasar sebanyak 19 %

Mineral (Ca / kalsium) sebesar 1 %

Fosfor sebesar 0,6%

Persentase yang diambil pada ransum bebek petelur (itik) diatas adalah persentase dari total pakan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar