Senin, 22 Juli 2013

Mempercepat Birahi Ternak Sapi

Birahi pada sapi normalnya antara 19 – 25 hari sekali, dan birahi pertama pada sapi dara terjadi antara umur 1,5 tahun – umur 2 tahun. banyak peternak sapi ingin memperoleh anak sapi secepatnya sehingga sering menanyakan pada petugas penyuluh peternakan cara untuk mempercepat birahi pada sapi. Ada satu metode untuk mempercepat birahi pada sapi yakni dengan terapi hormone. Terapi hormone ini ada kelebihan dan banyak juga kekurangannya, adapun hormone yang digunakan untuk mempercepat birahi pada sapi adalah hormone PGF2-alpha. Hormone ini sering digunakan pada peternakan besar untuk menyerentakkna birahi pada semua sapi induk (menmbuat birahi secara bersamaan). Merek untuk hormon pgf2-alpha ini juga cukup banyak ada yang harus digunakan secara IM (intra muscular dan ada juga yang harus digunakan secara Intra Uterine). Intra muscular berarti disuntikkan ke dalam daging dan Intra uterine berarti dimasukkan kedalam uterus sapi.
Terapi hormon untuk mempercepat birahi pada sapi
Cara penggunaan hormone PGF2 alpha ini sebaiknya serahkan sepenuhnya kepada dokter hewan di daerah anda atau petugas kesehatan hewan. Adapun kelebihan mempercepat birahi dengan hormon ini antara lain:
1. bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak, dimana dengan menggunakan hormon ini birahi pada sapi bisa diatur agar terjadi birahi secara serentak sehingga akan menghemat biaya inseminasi buatan.
2. jika digunakan secara tepat dapat mengobati abnormalitas estrus pada sapi (konsultasikan dengan dokter hewan).

Selain itu terapi hormon ini juga memiliki kekurangan diataranya:
1. tingkat keberhasilan Inseminasi pada sapi yang dipercepat dengan menggunakan hormon pgf2 –alpha lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi pada sapi yang birahi secara normal.
2. pengunaan secara terus menerus dapat mengacaukan siklus birahi pada sapi
3. penggunaan pada dosis yang tidak tepat dapat menyebakan kemajiran pada sapi betina.
4. harga hormon PGF2 – Alpha cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.

Adakah cara alami untuk mempercepat birahi pada ternak sapi? Maka jawabannya tidak ada, sebab birahi itu sendiri merupakan siklus alamiah. Namun jika anda memiliki kendala karena birahi pada sapi betina anda tidak terlihat secara jelas (birahi semu) maka ada cara alami untuk meningkatkan tanda-tanda birahi pada sapi tersebut yakni dengan cara memberi nenas atau papaya kepada sapi tersebut.

Birahi semu pada sapi dapat terjadi karena :
1. sapi betina terlalu gemuk, sapi gemuk umumnya memiliki nafsu makan yang sangat tinggi sehingga ketika birahi sekalipun nafsu makan mereka terlihat tetap tinggi.
2. sapi kurang betakaroten, betakaroten ini sangat berguna untuk memproduksi hormon FSH (folikel stimulating hormone) secara alami. Biala ternak kekurangan gizi atau standar pakan yang tidak tepat dapat mengakibatkan birahi semu pada sapi betina. Untuk itu selalu perhatikan standar pakan sapi yang tepat yakni: hijauan makanan ternak 10% dari berat bdan sapi / hari, 1 % dari berat badan leguminoseae (rumput kacang-kacangan), dan konsentrat 1% dari berat badan. Adapun tumbuhan sumber betakaroten diantaranya wortel, labu dan lain-lain.

Demikianlah cara mempercepat birahi pada sapi ini yang dapat kami tuliskansecara singkat saja. Untuk selengkapnya hubungi dokter hewan atau petugas kesehatan hewan yang ada di daerah anda. Yang terpenting anda ketahui bahwa terapi hormon untuk birahi ternak tidak dianjurkan dalam ilmu kesehatan hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar