Senin, 22 Juli 2013

Fakta Seputar Susu Kambing Etawa


Harga susu kambing etawa cenderung lebih mahal daripada susu sapi, baik dalam kedaan segar maupun susu bubuk. Harga susu kambing etawa yang mahal ini menurut saya wajar-wajar saja, sebab produksi susu kambing etawa tidaklah sebesar susu sapi. Seekor kambing etawa asli mampu memproduksi susu hingga 3,5 liter perhari sedangkan seekor sapi fries Holland mampu menghasilkan susu hingga 30 liter per hari. Jadi produksi susu seekor sapi sama dengan produksi susu 10 ekor kambing etawa.

Tahukah anda bahwa dalam susu terdapat bakteri probiotik? Bakteri yang bermanfaat untuk tubuh kita, bakteri probiotik yang ada dalam susu kambing etawa adalah Lactobacillus Fermentum merupakan salah satu anti mikroba yang sanagt efekti. Sebenarnya semua susu mengandung lactobacillus hanya saja jenisnya berbeda-beda, Lactobacillus pada susu sapi berbeda dengan yang terdapat pada susu kambing. Lactobacillus Fermentum ternyata juga terdapat dalam ASI.

Asupan protein merupakan salah satu tujuan orang dalam mengkonsumsi susu, nah ternyata kadar protein yang terkandung dalam susu kambing lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam susu sapi. Tapi bagaimana dengan soal bau yah.. ada persepsi yang sering salah dalam menilai aroma susu, sebenarnya susu yang murni dan belum terkontaminasi oleh lingkungan aromanya tidak akan menyerupai inangnya, jadi susu sapi murni dan steril aromanya akan sama saja dengan aroma susu kambing etawa murni dan steril begitu juga daengan aroma susu lainnya.

Lemak terkadang sangat dihindari banyak orang, agar kita ketahui bersama ternyata lemak susu kambing etawa lebih rendah bila dibandingkan dengan lemak susu sapi. Jadi jika anda ingin memperoleh susu dengan kadar lemak yang lebih rendah dari lemak susu sapi maka sudah saatnya beralih mengkonsumsi susu kambing etawa atau kambing lainnya.

Kandungan utama susu lainya adalah gula, dimana gula dalam susu disebut dengan laktosa. Setiap susu pasti mengandung zat gula ini, nah ternyata kadar gula susu pada susu kambing etawa lebih rendah bila dibandingkan dengan kadar gula susu dalam susu sapi. Jadi bagi anda yang tidak bisa mengkonsumsi gula berlebihan mungkin sudah saatnya juga beralih mengkonsumsi susu kambing ini.

Itulah beberapa fakta seputar susu kambing etawa juga susu kambing lainnya bila kita bandingkan dengan susu sapi. Berdasarkan kenyetaan-keyataan tersebut diatas sudah sewajarnya jika susu kambing harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan susu sapi. Mungkin anda belum tahu bahwa ada susu yang lebih mahal lagi dari susu kambing yakni susu kuda, dimana harga susu ini mencapai 100 ribu / liter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar